Taman buatan di Kemang89

Tanggal 21 September 2012 yang lalu, seluruh dunia telah melakukan gerakan yang dinamakan Park(ing) Day. Park(ing) Day merupakan gerakan yang digagas oleh Rebar (San Fransisco, Amerika), dan telah menjadi gerakan yang telah dilakukan di seluruh penjuru dunia sejak tahun 2005. Tujuan dari gerakan ini untuk meningkatkan kualitas ruang publik kota, dan untuk menyatakan kembali bahwa jalan raya merupakan fasilitas bersama. Kegiatan ini dilakukan setiap setahun sekali pada minggu ketiga di bulan September.

Bertepatan dengan gerakan Park(ing) Day ini, Volume Factory bekerjasama dengan Kemang89, Indonesia Berkebun, Belajar Desain dan Kopi Keliling mengadakan kegiatan Park(ing) Day di pelataran parkir gedung Kemang89, Jl. Kemang Raya No. 89, Jakarta. Acara ini telah berlangsung dengan baik dan sukses. Dimulai pada pukul 16.00, Sigit Kusumawijaya dari Indonesia Berkebun dan Belajar Desain membuka acara, dan diikuti oleh presentasi-presentasi mengenai kegiatan Park(ing) Day yang pernah dilakukan di Jakarta oleh Stevanus dan Abimantra Pradhana. Setelah itu Albertus Prawata dari Volume Factory memberikan gambaran mengenai pentingnya ruang publik bagi suatu kota. Kemudian, Raymond Malvin dari Kopi Keliling menutup acara presentasi pada sore hari itu. Acara masih terus berlanjut, Indonesia Berkebun memamerkan hasil kebun mereka, dan tidak lupa mereka juga menyediakan makan dan minuman yang sangat lezat. Kopi Keliling juga memamerkan hasil karya komunitasnya yang diberi judul ‘Playground”. Selain itu, bersama partner mereka Todz House yang membuat pop up cafe di area gedung Kemang89 menambah suasana semakin meriah.

Kegiatan Park(ing) Day di pelataran parkir Kemang89 ini pun berlangsung sampai kurang lebih pukul 20.00. Hal ini menunjukan bahwa berada di area publik, di luar ruangan merupakan suatu yang menyenangkan dan tentunya memberikan kepuasan tersendiri. Diharapkan dengan adanya area taman-taman temporer yang dibentuk pada saat Park(ing) Day, dapat memberikan gambaran kepada pemerintah dan masyarakat yang lebih luas, bahwa keberadaan ruang publik bagi suatu kota sangatlah penting, untuk mendukung keberlanjutan dan gaya hidup yang sehat bagi warga kota. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan bisa menyebar di seluruh penjuru Jakarta pada waktu yang akan datang. |Albertus Prawata

Dokumentasi Park(ing) Day Kemang89 lainnya dapat dilihat di : Flickr

About Volume Factory

Volume Factory adalah suatu tim yang yang terdiri dari desainer, dosen dan mahasiswa yang fokus pada bermacam area seperti arsitektur, perkotaan, seni, desain, teknologi, pendidikan dan sistim keberlanjutan. Volume Factory menekankan isu-isu kontemporer kehidupan urban melalui desain, program, penelitian, pameran dan publikasi. Tujuannya adalah untuk mengeksplore ide-ide baru, bereksperimen, menciptakan solusi untuk kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan di masa yang akan datang.

Leave a comment