Berjalan Di Atas Kemacetan

Albertus Prawata
Volume Factory
Photo & Video: Albertus Prawata

Bangkok merupakan salah satu kota yang menjadi surga belanja di kawasan Asia Tenggara. Perkembangan industri kreatif dan industri lokalnya sedang menjadi daya tarik yang kuat di kota ini. Dalam kunjungan singkat saya beberapa waktu yang lalu, pesona kota ini masih membuat saya jatuh hati. Dengan maraknya pusat-pusat perbelanjaan yang baru, dan adanya event-event kreatif untuk mendukung produksi lokal dari perancang dan entrepreneur muda, Bangkok menjadi kota yang penuh warna dan menjadi magnet wisata kota yang positif. Hal ini didukung dengan infrastruktur yang cukup memadai, seperti dengan integrasi transportasi publik, dan juga tersedianya akses bagi pejalan kaki yang baik.

Seperti yang terekam pada video di atas di detik 00:53 sampai dengan menit 01:05. Video tersebut diambil di salah satu area perbelanjaan yang baru di kota Bangkok, yang menghubungkan 2 pusat perbelanjaan besar dan juga pusat kreatif di kota. Di area ini juga terdapat juga salah satu lokasi untuk acara kreatif di kota ini yang diadakan setiap akhir pekan. Acara ini merupakan salah satu kegiatan, dimana para entrepreneur dan perancang muda kota Bangkok dapat menjual dan memamerkan karya mereka. Video ini menunjukan platform pejalan kaki di atas jalan raya, dimana pejalan kaki tidak harus bersinggungan dengan kendaraan bermotor di bawahnya. Di atas landasan/ platform pejalan kaki ini adalah transportasi publik kereta BTS. Dengan demikian perpindahan dan koneksi manusia dari transportasi umum menuju pusat perbelanjaan dan area-area lain tidak terganggu oleh lalu lintas kendaraan bermotor. Area ini dapat menjadi suatu meeting point yang sangat baik bagi penduduk kota Bangkok. Pada saat akhir pekan, wisatawan maupun penduduk kota dapat datang ke lokasi ini untuk menikmati acara yang rutin terjadi setiap minggu tanpa harus dipusingkan oleh lalu lintas dan kemacetan yang terjadi.

IMG_0267

Jakarta pun seharusnya bisa mencontoh Bangkok dalam hal memanjakan pejalan kaki dan penduduk kotanya. Sehingga mereka tidak harus bergantung dengan kendaran bermotor yang tentunya banyak mengakibatkan kerugian bagi kota itu sendiri. Dari foto di atas saya membayangkan kalau saya sedang berada di daerah Kuningan, Jakarta. Saya berada di atas  jalan Prof. Dr. Satrio menuju arah jalan Sudirman. Di sisi kanan saya adalah ITC Kuningan dan mall Ambasador. Lalu maju jalan kedepan sedikit lagi, di sisi kiri saya adalah mall Lotte Avenue. Mall-mall tersebut dihubungkan oleh elevated platform yang dikhususkan oleh pejalan kaki. Di atas saya adalah jalan layang non-tol, dan sebaiknya dibuat satu lapisan lagi untuk mode transportasi umum seperti LRT atau monorail.

Hubungan/koneksi dan integrasi sarana transportasi untuk memudahkan dan mendukung pergerakan penduduk kota untuk menuju berbagai macam lokasi tanpa harus bersinggungan langsung dengan kendaran bermotor menjadi nilai utama yang penting untuk menciptakan kehidupan urban yang baik. Dengan kemudahan-kemudahan tersebut, beban kota seperti kemacetan dan polusi udara akan berkurang, dan tentunya dapat membuat kota menjadi tempat tinggal yang lebih layak bagi penduduknya. #WeAreTheCity

About Volume Factory

Volume Factory adalah suatu tim yang yang terdiri dari desainer, dosen dan mahasiswa yang fokus pada bermacam area seperti arsitektur, perkotaan, seni, desain, teknologi, pendidikan dan sistim keberlanjutan. Volume Factory menekankan isu-isu kontemporer kehidupan urban melalui desain, program, penelitian, pameran dan publikasi. Tujuannya adalah untuk mengeksplore ide-ide baru, bereksperimen, menciptakan solusi untuk kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: